Anggota Polsek Kaliwates saat berjaga di Mall untuk mengantisipasi berjubelnya pengunjung (foto : istimewa / Jatim TIMES)
Anggota Polsek Kaliwates saat berjaga di Mall untuk mengantisipasi berjubelnya pengunjung (foto : istimewa / Jatim TIMES)

Ramai dan viral di media sosial (medsoso) foto pengunjung Mall Roxy di Jember yang berjubel dan tidak menerapkan physcal distancing di tengah Pandemi Covid-19, direspon oleh jajaran Kepolisian dan juga Managemen Roxy Square.

Menurut Lois Owner Roxy Square, berjubelnya pengunjung Roxy Square Jember yang tertangkap foto pada hari Minggu, (17/5/2020) kemarin disebabkan pengunjung antri masuk ke Mall, untuk dilakukan pengecekan kesehatan seperti suhu tubuh dan juga memakai masker terlebih dahulu. Hal ini dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan di tengah Pandemi Covid-19.

Baca Juga : Pulang dari Malang, Mahasiswa Blitar Berstatus PDP Meninggal Dunia

“Kita selalu menerapkan protokol kesehatan seperti yang dianjurkan oleh pemerintah. Setiap pengunjung Roxy, wajib mengenakan masker dan harus melalui pengecekan suhu tubuh, dan saat berjubel kemarin, dikarenakan mereka antri menunggu pengecekan kesehatan dari petugas,” ujar Lois.

Bahkan, masih menurut Lois, di pintu masuk Mall, pihak Managemen Roxy Square juga menyiapkan stand penjualan masker yang diperuntukan untuk pengunjung yang lupa membawa masker. 

“Jadi kita menerapkan protokol kesehatan, di pintu masuk juga kita siapkan stand penjualan masker. Bukan berarti untuk keuntungan ekonomi, tapi semata-mata untuk mematuhi aturan pemerintah,” ujarnya.

Sedangkan kondisi ramai yang terjadi pada Minggu (17/5/2020) kemarin, Lois mengatakan bahwa, hal ini dimungkinkan karena banyak warga yang baru saja mendapatkan THR dari tempatnya bekerja. 

“Ada beberapa aspek yang menyebabkan pengunjung terlihat berjubel. Diantaranya antrian masuk harus ikuti aturan protokol kesehatan Covid-19 sehingga terjadi antrian panjang di pintu masuk JRS. Juga adanya pembayaran THR bagi ASN maupun karyawan sehingga waktu untuk memenuhi kebutuhan Idulfitri dipilihnya hari Minggu,” beber Lois.

Sementara Kapolsek Kaliwates Kompol Edy Sudarto, kepada wartawan mengatakan, bahwa sebelum keramaian itu terjadi, pihaknya telah mengundang manajemen sejumlah pusat perbelanjaan membahas antisipasi penumpukan warga menjelang Lebaran. 

Baca Juga : Viral Perawat Hamil 4 Bulan Positif Covid-19, Warganet Ramai Mention Indira Kalistha

“Kita sudah membicarakan hal ini dengan seluruh manajemen Mall di Jember, dalam mendekati lebaran, untuk mengantisipasi pengunjung yang membludak, dimana dalam kesepakatan ini, seluruh manajemen Mall sepakat untuk akan membatasi warga yang hendak berbelanja, menjaga jarak, dan menggunakan masker,” ujar Kapolsek.

Ke depan untuk mengantisipasi penumpukan pengunjung agar tidak terjadi lagi, pihak kepolisian akan menempatkan petugasnya di beberapa Mall, untuk mengimbau dan menghalau warga agar tidak sampai bergerombol saat mencari kebutuhan lebaran.