Ratusan Hafidz Hafidzah saat berkumpul di Pendopo Wahya Wibawagraha Pemkab Jember (foto : Moh. Ali Makrus / Jatim TIMES)

Ratusan Hafidz Hafidzah saat berkumpul di Pendopo Wahya Wibawagraha Pemkab Jember (foto : Moh. Ali Makrus / Jatim TIMES)



Ratusan Hafiz-Hafizah (penghafal Alquran) di Kabupaten Jember, Jumat (8/11/2019) berkumpul di Pendopo Wahya Wibawagraha. Ada 387 penghafal dari berbagai daerah di Kabupaten Jember yang datang.  Mereka diundang Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR. untuk mendapatkan beasiswa Pendidikan dari program Bantuan Khusus Siswa Miskin (BKSM).

“Para penghafal Al Quran adalah generasi Qurani yang harus dimuliakan, karena sejatinya membangun daerah adalah membangun sumber daya manusianya, dengan memberikan jaminan pendidikan berupa beasiswa kepada para penghafal Al Quran, mereka adalah generasi terbaik di agama Islam,” ujar Faida. 

Faida menambahkan, bahwa pemberian beasiswa bagi penghafal Al Quran ini merupakan pemberian beasiswa tahap kedua, dan pemberian ini tidak ada batas waktu, dan akan terus diberikan kepada para penghafal Alquran.

“Yang penting hafal minimal 1 Juz, akan kita berikan beasiswa, bagi yang belum mendapatkan beasiswa, masih ada kesempatan untuk mengajukan ke Pemkab Jember, karena saya yakin di Kabupaten Jember ini masih ada ratusan penghafal Alquran yang masih belum terdata,” beber Bupati.

Selain memberikan beasiswa pendidikan, Bupati juga memberikan tambahan akomodasi berupa biaya transport untuk berangkat ke sekolah bagi para penghafal Alquran. “Tidak hanya beasiswa, mereka juga kita perioritaskan untuk mendapatkan hak-hak lainnya, yakni bantuan biaya transportasi untuk sekolah.

Auva Nazielia siswa kelas VI MI Al Azhar Ledokombo yang mendapatkan beasiswa hafiz hafizah mengatakan, bahwa dirinya senang bisa mendapatkan bantuan beasiswa pendidikan dari Pemkab. “Senang dapat beasiswa, saya baru hafal 5 juz, mudah-mudahan barokah,” ujar Auva.

Sementara Ustaz Faozun Arosi, salah satu pengasuh pesantren Hafidz Al Quran, kepada media ini mengatakan, bahwa beasiswa bagi penghafal Alqran yang diberikan oleh Bupati Jember, merupakan wujud perhatian dan kepedulian yang patut diapresiasi.

“Beasiswa ini sangat membantu siswa, apalagi sebagian besar siswa yang hafal Alquran selama ini sekolah di lembaga swasta yang jarang mendapatkan perhatian dari Pemerintah, mudah-mudahan bisa pemberian beasiswa seperti ini bisa dipertahankan,” ujar Faozun. (*)


End of content

No more pages to load