Ratusan Prajurit TNI dari Yonif R 509/BY saat mendapat pembekalan dari Kostrad (foto : M. Ali Makrus/Jatim TIMES)

Ratusan Prajurit TNI dari Yonif R 509/BY saat mendapat pembekalan dari Kostrad (foto : M. Ali Makrus/Jatim TIMES)



Menjelang penugasan di perbatasan (Pamtas) Republik Indonesia (RI) – Papua New Guinea (PNG), 450 prajurit dari Batalyon Infanteri Raider 509 Balawara Yudha (Yonif R 509/BY) Jember mendapat pembekalan dan pembinaan mental dari Kasubtalidjuang Disbintalad Kolonel Inf. Ardi Kartono SIP pada Selasa (9/7/2019) di Garasi Serbaguna Markas Yonif R 509 BY.

Dalam kesempatan tersebut, Ardi menjelaskan pentingnya pembinaan mental bagi prajurit yang akan menjalankan tugas operasi, seperti yang akan dijalani oleh 450 prajurit Yonif R 509/BY di Pamtas RI-PNG untuk menjaga kedaulatan wilayah NKRI.

“Kedatangan kami kesini untuk memberikan pembinaan mental kepada prajurit TNI yang akan menjalankan tugas di Papua, kenapa pembinaan mental seperti ini perlu dilakukan, karena mereka tidak hanya bertugas dilapangan, tapi mereka juga akan jauh dari keluarganya, oleh karenanya diperlukan mental yang kuat bagi prajurit TNI,” ujar Kolonel Inf. Ardi Kartono SIP.

Kepada ratusan prajurit Yonif R 509/BY, Kolonel Inf. Ardi juga memberikan semangat, bahwa tugas operasi seperti di perbatasan negara, merupakan sebuah penghargaan dan kebahagiaan tersendiri bagi seorang prajurit.

“Ditugaskan untuk menjalankan operasi baik di daerah konflik maupun di perbatasan, merupakan kebanggaan dan kehormatan tersendiri bagi seorang prajurit, kalau ada prajurit TNI yang tidak pernah mendapat tugas operasi, maka keprajuritannya tidak afdol,” pungkas Ardi.

450 Prajurit Yonif R 509/BY sendiri akan menggantikan pasukan dari Batalyon 725 Kendari yang saat ini bertugas di Papua, yang saat ini mengalami musibah Heli Jatuh. 

“Kemungkinan prajurit Yonif R 509/BY ini akan diberangkatkan ke Papua akhir bulan ini, mohon sambung doanya ya,” ujar Dansatgas Yonif R 509/BY Jember Letkol. Inf. Wira Muharromah saat mendampingi Kasubtalidjuang Disbintalad Kolonel Inf. Ardi Kartono SIP. (*)


End of content

No more pages to load