Direktur The Patria Institute Blitar, Mahathir Mohammad.

Direktur The Patria Institute Blitar, Mahathir Mohammad.


Pewarta

Editor


MUSIM hujan sedang berlangsung, setiap hari Blitar dan sekitarnya selalu diguyur hujan. Pergantian dari musim kemarau ke musim hujan berakibat pada melemahnya daya tahan tubuh. Hal ini dikarenakan tubuh kita dituntut untuk beradaptasi pada suhu dan cuaca yang berbeda dengan sebelumnya.

Apabila tubuh tidak mampu beradaptasi maka kemungkinan penyakit akan menyerang tubuh kita semakin besar. Tak heran jika di musim penghujan, banyak masyarakat berantri di dokter untuk berobat. Banyak penyakit yang rentan menyerang tubuh saat musim hujan diantaranya flu, batuk, pilek, masuk angin, penyakit kulit bahkan demam berdarah. Lantas bagaimana untuk menghindari penyakit dan menjaga daya tahan tubuh saat musim hujan. Berikut tips menjaga tubuh saat musim hujan:

1. Siapkan Payung dan Jas Hujan

Kehujanan akan membuat suhu tubuh anda berubah drastis, dan berpotensi terkena penyalit flu dan masuk angin. Untuk itu pertama kali yang harus disiapkan adalah memakai payung dan jas hujan sebagai pelindung anda dari air hujan yang tidak baik untuk kesehatan tubuh.

2. Gunakan Pakaian Tebal/Hangat

Pakaian juga mempengaruhi daya tahan tubuh anda, jika anda banyak beraktifitas di luar ruangan maka pakaian tebal dan hangat adalah pakaian yang tepat digunakan untuk menjaga tubuh dari angin dingin di musim hujan.

3. Konsumsi Makanan Bergizi dan Vitamin

Musin dingin membuat tubuh membutuhkan asupan nutrisi yang besar, maka tak heran jika musim dingin membuat nafsu makan lebih besar. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin C untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar terhindar dari serangan penyakit.

4. Penuhi Cairan Tubuh

Musim hujan menjadikan rasa haus jarang terjadi, akibatnya seringkali orang mengabaikan konsumsi air putih yang cukup. Padahal kebutuhan cairan dalam tubuh baik di musim hujan atau kemarau adalah sama. Konsumsi air yang baik akan mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

Jika bosan mengkonsumsi air putih maka anda bisa menggantinya dengan teh, air jahe hangat atau minuman lainnya yang juga memberikab kehangatan tubuh anda.

5. Istirahat Yang Cukup

Kurang tidur akan membuat tubuh anda rentan diserang penyakit karena tubuh tidak mengalami recharge. Istirahat 6-8 jam adalah waktu ideal untuk anda gunakan beristirahat, dan kurangi aktifitas begadang malam.

6. Jaga Kebersihan Lingkungan Sekitar

Di musim hujan populasi nyamuk semakin bertambah. Agar terhindar dari nyamuk maka hal yang harus dilakukan adalah membersihkan lingkungan sekitar seperti parit, bak air dan tempat lain yang berpotensi menjadi sarang nyamuk. (*)

*Direktur The Patria Institute Blitar

Tag's Berita Musim Hujan

End of content

No more pages to load