Pilkades Serentak di 161 Desa Pemkab Jember, Habiskan Rp 11 Miliar

Acara Sosialisasi dana Pilkades di Aula Pemkab Jember (foto : Moh. Ali Makrus / Jatim TIMES)
Acara Sosialisasi dana Pilkades di Aula Pemkab Jember (foto : Moh. Ali Makrus / Jatim TIMES)

JEMBERTIMES – Tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak di 161 desa se-Kabupaten Jember, terus berjalan, untuk mensukseskan pesta demokrasi di tingkat desa, Selasa (13/8/2019) sore, seluruh Panitia Pilkades, Pj. Kades, BPD dan juga camat yang menggelar Pilkades pada September mendatang, dikumpulkan di Aula Pemkab Jember untuk sosialisasi anggara Pilkades di APBD.

“Hari ini kita sosialisasikan dana anggaran untuk pilkades kepada seluruh panitia Pilkades mulai dari Ketua, Bendahara dan Sekretaris, serta Ph. Kades lengkap dengan BPD dan Camat nya, tujuannya untuk memberikan pemahaman bagaiman anggaran dana pilkades yang di APBD bisa dicairkan,” ujar Bupati Bupati Jember, dr. Hj. Faida MMR kepada sejumlah wartawan.

Bupati menambahkan, dalam sosiaslisasi ini, selain memaparkan beberapa anggaran yang diterima masing-masing desa yang menggelar Pilkades, Bupati juga menyampaikan adanya tambahan dana untuk item keamanan yang sebelumnya tidak masuk dalam APBD.

“Total ada Rp 11 miliar lebih anggaran untuk Pilkades dari APBD, nominalnya tidak sama antara desa yang satu dengan desa lainnya, tergantung dari jumlah pemilih dan personil keamanan yang diterjunkan,” beber Bupati.

Bupati juga menampik jika sosialisasi anggaran Pilkades dinilai terlambat, mengingat pelaksanaan pilkades tahap pertama akan digelar pada awal September. “Tidak ada kata terlambat untuk melakukan sosialisasi anggaran ini, karena sejatinya, anggaran untuk Pilkades sudah disosialisasikan jauh hari sebelumnya oleh Dispemasdes, sosialisasi hari ini hanya adanya tambahan biaya keamanan yang didanai dari APBD, untuk dana lainnya tetap,” beber Bupati.

Untuk mengantisipasi adanya kesalahan penggunaan anggaran Bupati akan menerjunkan tim dari Badan Pengelola Keuangan dan Aset (BPKA) serta Inspektorat untuk melakukan pendampingan. “Tim BPKA dan Inspektorat mulai besok akan keliling ke masing-masing kecamatan, mereka akan mendampingi panitia Pilkades dalam membuat SPJ untuk dikumpulkan ke camat,” pungkas Bupati. (*)

 

Pewarta : Moh. Ali Mahrus
Editor : A Yahya
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Jember TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jembertimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jembertimes.com | marketing[at]jembertimes.com
Top