Pasca Polemik JFC, Pemkab Jember Lakukan Evaluasi Seluruh Kegiatan

Bupati Jember saat memberikan keterangan pers menyikapi polemik JFC (foto: Moh. Ali Makrus / JatimTIMES)
Bupati Jember saat memberikan keterangan pers menyikapi polemik JFC (foto: Moh. Ali Makrus / JatimTIMES)

JEMBERTIMES – Polemik event Jember Fashion Carnival (JFC) 2019 terhadap kostum yang dikenakan artis Cinta Laura karena dinilai terlalu mengumbar aurat, sehingga berujung pada demo yang dilakukan oleh Aliansi Santri Jember (ASJ), Pemkab Jember akan melakukan evaluasi terhadap seluruh kegiatan event-event lainnya.

“Memang ada hal yang perlu diperbaiki dari penyelenggaraan JFC kemarin, dari peristiwa ini, memang ada kekurangan di regulasi yang mengatur kegiatan di Jember agar tidak menabrak norma agama, tidak hanya JFC tapi kegiatan lainnya juga akan kami evaluasi, termasuk event Tajemtra,” ujar Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR.

Tajemtra sendiri merupakan gerak jalan tradisional dengan jarak tempuh 30 km dengan start dari Kecamatan Tanggul dan finish di Alun-alun Jember, dimana pelaksanaan Tajemtra yang sudah berjalan puluhan tahun ini, dilepas pada siang hari setelah sholat dhuhur sampai berakhir.

“Untuk Tajemtra sendiri apakah nanti waktunya diubah agar tidak bertabrakan dengan waktu sholat, masih akan kita kaji, apakah pelaksanaanya nanti dibuat malam hari, atau pagi hari bada subuh akan kita bicarakan dulu, sebab meski pelepasan peserta pada siang hari, dan pihak panitia sudah menyiapkan tempat-tempat untuk sholat, kami tidak ingin akan menimbulkan polemik di masyarakat,” ujar bupati.

Seperti diketahui, event JFC yang ke 18 kali ini banyak menuai kontroversi, dimana kostum yang dikenakan oleh artis Cinta Laura, oleh sebagian warga dinilai terlalu mengumbar aurat, dan tidak mencerminkan budaya kota Jember yang religius, dan dampaknya, puluhan santri yang tergabung Aliansi Santri Jember pada Rabu (7/8/2019) menggelar demo di depan Pemkab Jember. (*)

Pewarta : Moh. Ali Mahrus
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Jember TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jembertimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jembertimes.com | marketing[at]jembertimes.com
Top