Yonif R 509/BY Pamtas di RI-PNG, Dansatgas: Kami Siap Bersinergi dengan Pemkab dan Masyarakat

Kokandan Yonif Raider 509 BY Jember Letkol. Inf. Wira Muharromah (foto : Moh. Ali Makrus / JatimTIMES)
Kokandan Yonif Raider 509 BY Jember Letkol. Inf. Wira Muharromah (foto : Moh. Ali Makrus / JatimTIMES)

JEMBERTIMES – Penugasan 450 prajurit Batalyon Infanteri Raider 509 / Balawara Yudah (Yonif R 509/BY) Jember di Perbatasan RI-PNG, tidak bisa lepas dari pasukan mobil udara. Pasukan mobil udara inilah yang nantinya akan menjadi penyuplai logistik pasukan lainnya agar tetap survive (bertahan) selama 9 bulan saat tugas Pengamanan Perbatasan (Pamtas).

“Tugas selama Pamtas di Papua nanti kami tidak hanya menjaga kedaulatan NKRI, tapi kami juga memerangi illegal loging, narkotika dan hal-hal lain dari negara lain yang bisa mengganggu keamanan negara Indonesia, oleh karenanya kami harus berbaur dengan masyarakat sekitar,” ujar Danyonif R 509 BY sekaligus Dansatgas Pamtas Letkol. Inf. Wira Muharromah kepada wartawanke

Menurut Wira, dengan berbaur bersama masyarakat, keberadaan pasukan Pamtas tidak hanya memberikan perlindungan kepada masyarakat, tapi keberadaan masyarakat juga bisa membantu pasukan untuk mendeteksi adanya penyusup dari luar. 

“Oleh karenanya, selama kami berbaur dengan masyarakat di perbatasan, kami nanti juga akan memberikan beberapa buku bacaan yang bermanfaat, apalagi medan dan lokasi perbatasan di Papua lebih banyak di pegunungan, tentu kami juga akan mengajari mereka dengan membaca dan sebagainya,” tambah Letkol. Inf. Wira Muharromah. 

Untuk memenuhi kebutuhan prajurit tersebut, Letkol. Inf. Wira menyatakan siap menerima buku-buku maupun produk lainnya yang bisa dijadikan oleh-oleh dari Jember untuk masyarakat pedalaman di Papua. 

“Selama di Pamtas dan berbaur bersama masyarakat di Papua nanti, kami juga akan bercocok tanam yang bisa dijadikan bekal pasukan, seperti bercocok tanam ubi-ubian maupun tanaman lainnya untuk menyokong bekal pasukan. Sedangkan untuk buku-buku bacaan, kami sangat terbuka menerima bantuan buku untuk dibagikan kepada masyarakat Papua, termasuk jika ada bantuan buku dari Pemkab Jember,” ujar Letkol. Inf. Wira. 

Bahkan untuk urusan sepele, pihaknya juga membawa tembakau dari Jember untuk membantu logistik pasukan selama Pamtas di Papua. 

“Memang tidak semua prajurit merokok, tapi selama di Pamtas nanti, tentu kami jauh dari warung, untuk bisa mendapatkan sembako saja, bisa menempuh perjalanan berhari-hari, makanya nanti kami juga membawa bekal tembakau dari Jember, semua ini semata-mata juga untuk menghibur pasukan,” pungkas Wira. (*)

Pewarta : Moh. Ali Mahrus
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Jember TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jembertimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jembertimes.com | marketing[at]jembertimes.com
Top