Sampaikan Nota Pengantar LPP APBD 2018 Kabupaten Jember, Ini Penjelasan Bupati Faida

Suasana Rapat sidang paripurna penyampaian nota pengantar LPP APBD 2019 di DPRD Jember (foto : Moh. Ali Makrus / JatimTIMES)
Suasana Rapat sidang paripurna penyampaian nota pengantar LPP APBD 2019 di DPRD Jember (foto : Moh. Ali Makrus / JatimTIMES)

JEMBERTIMES – Saat Laporan Pertanggungjawaban Pelaksana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (LPP APBD) 2018 yang digelar pada Senin (8/7/2019) di ruang sidang utama DPRD Jember, Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR, menyampaikan adanya pendapatan yang terealisasi mencapai 99,66% dari beberapa sektor.

“Memang ada beberapa pendapatan daerah yang tidak terealisasi sampai 100 persen, tapi juga ada yang terealisasi melebih target, diantaranya Pendapatan daerah yang sah dari target 611 Miliar lebih, terealisasi Rp 643 Miliar lebih atau 105,11 persen,” jelas Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR.

Dalam pemaparan bupati di LPP APBD 2018, retribusi menjadi penyumbang terbesar dari pendapatan daerah yaitu mencapai Rp 37 Miliar lebih dari yang ditargetkan Rp 33 Miliar atau terealisasi 114 persen.

Sedangkan mengenai adanya Sisa Lebih Pengguna Anggaran (SILPA) yang mencapai ratusan miliar, Bupati menyatakan, bahwa Silpa tersebut ada karena adanya kesalahan administrasi yang dibuat oleh beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Sebenarnya dana yang menjadi Silpa itu sudah ada plotnya, cuma karena adanya kesalahan administrasi di beberapa OPD yang tidak selesai, dana tersebut menjadi Silpa, tapi begitu APBD 2019 didok, dana tersebut langsung dibayarkan,” pungkas Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR.

Penyampaian LPP APBD 2018 ini sendiri merupakan pembukaan penyampaian nota pengantar dari Bupati Jember, sedangkan agenda Pemandangan Umum fraksi-fraksi akan disampaikan pada Selasa (9/7/2019). (*)

Pewarta : Moh. Ali Mahrus
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Jember TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jembertimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jembertimes.com | marketing[at]jembertimes.com
Top