Demi DTS, Bupati Jember Ajak Siswa SMK Jurusan TIK Menjadi Generasi Maju

Ratusan ketua kelas SMK dan SMA jurusan TIK saat mendapatkan pemaparan tentang Digital Tallent Scholarship dari Bupati Jember (foto : istimewa / JatimTIMES)
Ratusan ketua kelas SMK dan SMA jurusan TIK saat mendapatkan pemaparan tentang Digital Tallent Scholarship dari Bupati Jember (foto : istimewa / JatimTIMES)

JEMBERTIMES – Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR, terus memantapkan program beasiswa Digital Tallent Scholarship (DTS) yang digelar oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi (Keminfo).

Setelah sebelumnya guru dan ASN yang dianjurkan untuk mengikuti program DTS, giliran ketua kelas siswa SMK SMA jurusan TIK juga diajak serta. “Yang paling akan mempercepat kemajuan adalah kalau membangun sumberdaya manusianya, dan kita undang dan ajak ketua kelas SMK SMA jurusan TIK, karena mereka adalah generasi masa depan bangsa Indonesia," ujar Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR. 

Bupati menjelaskan, generasi milenial, jangan sampai ketinggalan IT, kalau ingin maju dan tidak ketinggalan, harus menguasai ilmu teknologi. “Saat ini, untuk bisa bersaing secara cepat harus menguasai teknologi informasi, bukan anak jaman now namanya kalau ketinggalan IT,” ujarnya. 

Zaman terus berubah. Perubahan saat ini ditandai dengan perkembangan dunia digital. Seperti banyak ditemukan pada era saat ini penggunaan kecanggihan digital. Seperti berjualan maupun kreativitas yang diciptakan melalui digitaVIT

Bupati berpesan supaya jangan salah memilih teman khususnya di media sosial seperti suka menyebar hoax atau mengumpat secara online yaitu di media sosial.

Program Digital Talent Scholarship akan menempatkan 200 kuota bagi siswa SMK, yang akan digelar di Politeknik Negeri Jember. Ada juga yang akan digelar di luar kota. Untuk penyelenggaraan di luar kota, peserta akan mendapatkan akomodasi. 

Bupati mengatakan, program-program ini diperuntukkan bagi lulusan SMA/SMK. Begitu lulus pelatihan akan mendapatkan sertifikasi. Pelatihan ini menggandeng empat mitra, diantaranya Microsoft dan Google. 

Dalam program ini, bupati juga menyampaikan kepada seluruh ketua kelas siswa SMK SMA, bahwa akan ada 133 perusahaan yang siap mencari lulusan tersertifikasi internasional guna mengisi formasi-formasi pekerjaan di seluruh Indonesia dan dunia.

 Sementara itu, Staff Ahli Menteri Bidang Teknologi Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Ir. Herry Azis, M.Eng, menilai Bupati Jember Faida antusias untuk membangun sumber daya manusia di Jember, hingga memfasilitasi kegiatan ini. 

“Perhatian beliau terhadap perkembangan SDM perlu diacungi jempol,” ungkapnya. Lebih jauh Herry menjelaskan, peserta DTS tidak dipungut biaya. Kompetensinya pun cukup berbobot. 

“Mari mendaftar. Belajar dulu dan jangan sampai salah memilih jurusan,” imbaunya. Dari kuota 200 peserta, telah terisi sebanyak 106 lulusan SMA/SMK ber-KTP Jember. Sertifikasi dari hasil pelatihan ini sebagai penyokong untuk mencari pekerjaan sesuai formasi di suatu perusahaan. (*)

Pewarta : Moh. Ali Mahrus
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Jember TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jembertimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jembertimes.com | marketing[at]jembertimes.com
Top