Antusiasme Warga Jember Ikuti DTS, Minggu Pendaftaran Sudah Ditutup

ASN dilingkungan Pemkab Jember saat menerima pembekalan dari Pegawai Keminfo (foto : Moh. Ali Makrus / Jatim TIMES)
ASN dilingkungan Pemkab Jember saat menerima pembekalan dari Pegawai Keminfo (foto : Moh. Ali Makrus / Jatim TIMES)

JEMBERTIMES – Program beasiswa Digital Tallent Scholarship (DTS) 2019 dari Keminfo, pendaftarannya akan segera berakhir. 

Untuk Jember sendiri, pendafataran akan ditutup pada Minggu 19 Mei 2019, namun antusiasme warga maupun pejabat dilingkungan Pemkab Jember yang ingin mengikuti program DTS ini masih tinggi peminatnya. 

“Hari ini ada ratusan ASN dari berbagai OPD yang mendapat pembekalan terkait program beasiswa Digital Tallent Scholarship, dan nanti akan ada lagi sore ratusan ketua kelas siswa SMK dan SMA jurusan TIK yang akan mendapatkan pembekalan, dan kami dari Diskominfo Pemkab Jember sudah menyiapkan tenaga yang akan membantu warga Jember yang ingin mengikuti proram DTS,” ujar Rahmat Agung Purnama S.Kom plt. Kabid TI Dinas Informasi dan Komunikasi Pemkab Jember Kamis (16/5/2019). 

Bahkan untuk menampung jumlah pendaftar, pihaknya yang semula memberikan fasilitas pendaftaran di pendopo hanya sampai jam 4 sore, selama tiga hari ini pihaknya melayani sampai malam hari.

“Kalau hari biasa kita buka dari jam 7 sampai 4 sore dengan fasilitas 6 komputer, untuk tiga hari ini kita layani sampai malam, karena kebetulan ada acara bukber, jadi layanan sampai semua tamu di Pendopo pulang, dan pendaftaran akan ditutup Minggu besok,” ujar Agung. 

Sementara perwakilan dari Kementerian Komunikasi dam Informatika, Heri Abdul Aziz, menyampaikan, antusiasme dan respon dari bupati hingga mengintruksikan kepada seluruh OPD untuk mengirimkan perwakilannya minimal 2 orang, karena program ini dinilainya fantastis. 

“Hal ini menunjukkan kepedulian terhadap perkembangan teknologi yang sekarang yaitu era industri yang ke 4.0,” ujar Heri. 

Heri menambahkan, pelatihan yang dilakukan untuk menunjang kompetensi yang diperlukan pada era saat ini. 

Target peserta yang lulus dan mendapat sertifikat sekitar 20.000. 

“Yang dilatih 25.000 secara nasional dan targetnya 20.000 ribu, semoga saja tercapai,” harapnya. Jember sendiri menjadi kabupaten yang cepat merespon program ini. 

“Respons dari beliaunya juga bukan main sebagai pimpinan di Jember,” ungkap Heri. 

Digital Talent Scholarship, jelas Heri, ini adalah pendidikan non formal besertifikat yang berasal dari perusahaan TI yang cukup dikenal diantaranya Microsoft dan Amazon. 

“Kami bekerjasama dengan mereka untuk membangun kompetensi yang ada di Indonesia,” pungkas Heri. (*)

Pewarta : Moh. Ali Mahrus
Editor : Heryanto
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Jember TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jembertimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jembertimes.com | marketing[at]jembertimes.com
Top