Polres Jember Kawal Pengiriman Form DB1 ke KPU Provinsi

Kapolres Jember AKBP. Kusworo Wibowo saat memberikan APP kepada petugas pengawalan form DB1 dari Jember ke Surabaya (foto : Moh. Ali Makrus / JatimTIMES)
Kapolres Jember AKBP. Kusworo Wibowo saat memberikan APP kepada petugas pengawalan form DB1 dari Jember ke Surabaya (foto : Moh. Ali Makrus / JatimTIMES)

JEMBERTIMES – Berakhirnya rekapitulasi surat suara Pemilu 2019 yang dilakukan oleh KPUD Jember, Jumat (4/5/2019) mendapat pengawalan ketat TNI dan Polri. Mereka mengantar 1 kotak yang berisikan form DB1 (Hasil rekapitulasi tingkat Kabupaten) ke KPU Provinsi Jatim untuk dilakukan rekapitulasi ditingkat provinsi. 

“Hari ini kami melakukan pengawalan pengiriman kotak suara yang berisi form DB1 ke Surabaya, ada 14 personel yang kami libatkan untuk mengawal surat suara ini sampai ke KPU provinsiopinsi, terdiri dari 12 personel Polri dan 2 personel TNI. Mereka yang melakukan pengawalan adalah petugas yang sudah terlatih, dan sudah siap dengan segala kemungkinan adanya gangguan selama perjalanan, baik dengan senjata maupun tangan kosong,” ujar Kapolres Jember AKBP. Kusworo Wibowo SH. SIK.

Sementara Komisioner KPUD Jember Habib M Rohan, kepada sejumlah media mengatakan, bahwa pihaknya mengirim 1 kotak suara, hal ini untuk efisiensi, dimana dalam kotak suara tersebut berisi form DB1 hasil rekapitulasi pemilihan Presiden Wakil Presiden, DB1 DPR RI, DB1 DPRD Propinsi dan Arsip DB1 DPRD Kabupaten. 

“Hanya 1 kotak suara yang hari ini dikirim ke KPU Provinsi, hal ini untuk memudahkan pengawalan, namun meski 1 kotak suara, di situ sudah meliputi DB1 Presiden, DPR RI, DPRD Provinsi dan arsip DB1 DPRD Kabupaten, untuk selanjutnya akan dilakukan rekapitulasi di tingkat provinsi,” ujar Rohan panggilan akrabnya. 

Ketika disinggung siapa saja calon anggota legislatif yang dinyatakan lolos, Rohan enggan membocorkan, karena hal ini masih harus menunggu keputusan Mahkamah Konstitusi selama 3 hari sejak selesainya proses penghitungan. 

“Kita belum bisa menyampaikan siapa saja caleg yang lolos, karena kami harus menunggu keputusan dari MK dulu, dimana batas waktunya selama 3 hari sejak selesainya rekapitulasi, kalau tanggal 2 kemarin selesai, maka akan diumumkan pada tanggal 5 nanti,” ujar Rohan.

 Rohan menjelaskan, bahwa waktu yang diberikan 3 hari sejak selesai rekapitulasi, adalah untuk melihat apakah ada Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) apa tidak, jika di MK dinyatakan tidak ada PHPU, maka pihaknya akan mengumumkan caleg yang lolos menjadi anggota dewan. “Selama tiga hari nanti, apakah MK memutuskan ada PHPU apa tidak, kalau tidak ada, maka 3 hari setelah rekapitulasi, bisa kita umumkan,” pungkas Rohan. (*)

Pewarta : Moh. Ali Mahrus
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Jember TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jembertimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jembertimes.com | marketing[at]jembertimes.com
Top