Kawal Kesehatan Petugas KPPS, Bupati Jember Kirim Tim Medis

Petugas medis saat memeriksa kesehatan KPPS di Kecamatan Kaliwates (foto: Cak Lum/ JatimTIMES)
Petugas medis saat memeriksa kesehatan KPPS di Kecamatan Kaliwates (foto: Cak Lum/ JatimTIMES)

JEMBERTIMES – Lamanya proses rekapitulasi pada Pemilu 2019, benar-benar menyita waktu, tenaga dan pikiran bagi penyelenggara pemilu, baik di tingkat PPS, PPK maupun KPU. Bahkan Pemilu 2019 bisa dikatakan sebagai pemilu paling rumit, pernyataan ini pernah disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi II DPR RI Nihayah Wafiroh beberapa waktu sebelum pelaksanaan pemilu dimulai. 

“Memang Pemilu 2019 kali ini merupakan pemilu paling rumit se dunia, karena ada 5 surat suara yang harus dicoblos, selain rumit untuk penyelenggara, juga untuk masyarakat itu sendiri,” ujar Nduk Nik panggilan Nihayah Wafiroh kala itu. 

Tidak heran, jika banyak petugas yang mulai stress, jatuh sakit dan pingsan, bahkan di beberapa daerah di Indonesia, tidak sedikit petugas keamanan yang gugur dalam menjalankan tugas untuk mengawal proses pemilu kali ini. 

Menghadapi situasi seperti ini, Pemerintah Kabupaten Jember mengirimkan tenaga kesehatan di masing-masing PPK untuk mengawal kesehatan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di beberapa kecamatan di Kabupaten Jember. 

"Kita akui dan lihat sendiri, begitu berat tugas penyelenggara pemilu kali ini, bukan hanya caleg yang stress, tapi juga petugas di beberapa KPPS mulai merasakan kelelahan, oleh karena itu Pemkab Jember mengirimkan petugas medis untuk mengawal dan mengecek kesehatan mereka, semua ini untuk kesuksesan Pemilu 2019,” ujar Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR Selasa (23/4/2019). 

Seperti diketahui, beberapa daerah, banyak petugas penyelenggara pemilu yang mulai mengalami tekanan psikis, dan mengakibatkan beberapa diantaranya merasakan stress, disamping kelelahan setelah berhari-hari melakukan tahapan rekapitulasi pemilu. 

“Petugas ini akan kami siagakan selama proses tahapan rekapitulasi di beberapa kecamatan selesai, memang ada beberapa yang sudah menyelesaikan penghitungan, namun juga tidak sedikit yang masih melakukan penghitungan,” pungkas Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR. (*)

Pewarta : Moh. Ali Mahrus
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Jember TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jembertimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jembertimes.com | marketing[at]jembertimes.com
Top