Ratusan Santri Jember Kecam Puisi Fadli Zon

Ratusan Santri dan Banser saat menggelar aksi mengecam Puisi Fadli Zon (foto : Moh. Ali Makrus / Jatim TIMES)
Ratusan Santri dan Banser saat menggelar aksi mengecam Puisi Fadli Zon (foto : Moh. Ali Makrus / Jatim TIMES)

JEMBERTIMES – Ratusan Santri dan Banser di Kabupaten Jember, Minggu (10/2/2019) menggelar aksi longmarch.

Massa mengecam puisi Fadli Zon yang dianggap melecahkan dan menghina ulama NU, aksi yang dimulai dari lapangan Talangsari Jember dan berakhir di alun-alun ini dipimpin langsung oleh Ketua GP Ansor Jember HM. Ayub Junaidi.

Menurut Ayub, apa yang dilakukan anggota DPR RI tersebut sudah sangat keterlaluan, tidak hanya pada persoalan Puisi yang menghina KH Mauimun Zubair, tapi juga beberapa kasus lainnya, seperti penghinaan terhadap Katib Aam Yahya Staquf (gus Yahya) maupun Rais Aam PBNU saat masih di jabat KH. Makruf Amin.

“Aksi santri ini mereaksi  dari pernyataan-pernyataan saudara Fadli Zon yang selama ini selalu mendiskreditkan ulama dan kiyai kita, bukan hanya sekali tapi berkali-kali, dan hari ini kita merespon pernyataan itu, kami bersama santri di Jember menyayangkan sikap Fadli Zon, oleh karena itu, kami aliansi Santri Jember menuntut Fadli Zon untuk meminta maaf 2x24 jam,” tegas Ayub.

Ayub meminta agar politisi di Senayan dalam memberikan statemen lebih hati-hati dan jangan sampai melukai hari rakyat, apalagi seorang pimpinan di lembaga DPR RI.

“Seorang pimpinan DPR RI tidak pantas membuat pernyataan seperti itu, karena pernyataannya sudah melukai santri, tidak hanya di Jember tapi juga santri yang ada di Indonesia, jangan sampai pernyataan-pernyataan seperti itu terulang kembali,” ujar politisi PKB kepada sejumlah media.

Dari pantauan media ini, beberapa santri juga membentangkan spanduk dan poster yang mengecam puisi Fadli Zon, diantaranya ‘Mulutmu Harimaumu’, ‘Tenggelamkan Fadli Zon’, ‘Fadli Zonk Tidak Beres’ dan berbagai poster lainnya.

Aksi ini mendapat pengawalan ratusan aparat Polres Jember yang dipimpin langsung oleh Kapolres Jember AKBP. Kusworo Wibowo. 

“Aksi ini diikuti oleh sekitar 500 santri dari berbagai kecamatan yang ada di Jember, dan sesuai SOP kami menerjunkan 300 personil, Alhamdulillah sampai aksi berakhir, situasi aman terkendali dan tidak ada tindakan anarkhis,” pungkas Kapolres Jember. (*)

 

Pewarta : Moh. Ali Mahrus
Editor : Heryanto
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Jember TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jembertimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jembertimes.com | marketing[at]jembertimes.com
Top