Caleg Pasang Foto Banner Bareng Kades Untuk Cari Simpati? Tidak Dilarang

Acara Sosialisasi UU no. 7 2017 tentang pemilu di aula Pemkab Jember
Acara Sosialisasi UU no. 7 2017 tentang pemilu di aula Pemkab Jember

JEMBERTIMES – Banyak cara dilakukan calon Anggota Legislatif (Caleg) untuk meraih simpati dan suara kepada masyarakat, di antaranya dengan memasang foto diri caleh bersama dengan tokoh, dengan ulama, dengan leluhur maupun dengan kepala desa (Kades) yang dianggap memiliki pendukung real (nyata).

Soal memasang foto Caleg dengan Kades yang merupakan pejabat ditingkat bawah, banyak persepsi yang tidak diketahui oleh caleg maupun kades. Baik caleg maupun kades merasa takut didatangi panwas karena dianggap melanggar. Padahal tidak demikian, hal ini sesuai yang disampaikan Ali Rahmad Januar Komisioner Basalu Bidang Sengketa Pemilu Kamis (13/12/2018) saat menggelar sosialisasi UU No. 7 Tentang Pemilu di Aula Pemkab Jember.

“Kalau ada caleg yang memasang foto orang lain yang ditokohkan baik itu ulama, kades, maupun bupati selain yang bersangkutan, tidak masalah. Boleh, asal orang yang bersangkutan memberi izin,” ujar Ali Muhtar.

Ali Muhtar menjelaskan, yang dilarang terlibat dalam kampanye adalah pejabat negara seperti ASN, TNI dan Polri, “Gubernur saja boleh jadi kampanye, Bupati maupun kades ya juga boleh kok,” tambah Ali Muhtar.

Ali Muhtar menambahkan, memang banyak yang mempersoalkan ketika ada foto kades, atau namanya yang ikut dipasang di dalam foto caleg, masyarakat kadang memprotes kades yang dianggap tidak netral, pertentangan seperti ini sama halnya ketika beberapa orang mempermasalahkan bendera milik salah satu partai yang menggunakan background merah putih.

“Seperti bendera salah satu partai yang memiliki background merah putih, juga banyak yang menentang, tapi setelah dicek, merah putihnya tidak proporsional, jadi tidak masalah, dan tidak melanggar,” pungkas Ali. (*)

Pewarta : Moh. Ali Mahrus
Editor : A Yahya
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Jember TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jembertimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jembertimes.com | marketing[at]jembertimes.com
Top