Hadiri ISEF, Bupati Ajak Perbankan Berperan Aktif Kawal UMKM Lokal

Acara ISEF yang di gelar di lippo Jember (foto : Moh. Ali Makrus / Jatim TIMES)
Acara ISEF yang di gelar di lippo Jember (foto : Moh. Ali Makrus / Jatim TIMES)

JEMBERTIMES – Bupati Jember dr Faida mendorong Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Jember dan perbankan syariah di Jember lebih berperan aktif dalam mengawal tumbuh kembang UMKM Jember. Hal tersebut disampaikan Faida dalam sambutan pembukaan Road To Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 5th yang digelar di Mal Lippo Jember, Minggu (2/12/2018). 

Dia mengatakan bahwa pengembangan Bandara Notohadinegoro sebagai bandara embarkasi haji dan umrah akan membawa pengaruh positif bagi perekonomian masyarakat Jember. Namun, di sisi lain, bagi pelaku UMKM Jember, keberadaan bandara tersebut juga dapat menjadi tantangan tersendiri bagi usahanya. 

Faida menerangkan, dibukanya bandara tersebut nanti sebagai bandara embarkasi ydan umrah akan mengundang pelaku usaha lain yang berasal dari luar daerah Jember datang ke Jember. Jika hal tersebut tidak diantisipasi dapat mengancam keberlangsungan usaha pelaku UMKM lokal. "Dari dulu bisa dilihat bahwa jamaah haji dan umrah kita kalau belanja oleh-oleh luar biasa. Jangan-jangan dengan adanya bandara embarkasi haji umrah di Jember oleh-oleh yang mereka bawa dari sini bukan produk asli Jember," kata Faida. 

Tidak hanya itu. Faida juga mengatakan bahwa besarnya potensi pariwisata di Jember serta dikenalnya Jember sebagai Kota Pesantren menjadi magnet tersendiri bagi pelaku usaha dari kabupaten lain untuk membuka usahanya di wilayahnya. Faida menuturkan bahwa kekhawatirannya itu sudah pernah disampaikan kepada pihak KPwBI Jember dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Jember. "(Dalam diskusi tersebut, Red) ada tanda tanya. Jember ini punya banyak pondok pesantren tapi pertumbuhan ekonomi dan perbankan syariahnya tidak besar?" tuturnya. 

Berangkat dari kekhawatiran tersebut, perempuan pertama yang menjadi bupati di Jember tersebut mendorong KPwBI Jember, OJK Jember, perbankan syariah, dan stakeholder lainnya untuk membantu pelaku UMKM agar dapat berkembang. Salah satunya dengan membantu mereka agar dapat memasarkan produknya di pasar-pasar atau even-even penting. "Mari kita bagi tugas untuk mengawal UMKM kita agar bisa hadir dalam pengajian-pengajian, acara-acara di ponpes, dan pameran-pameran syariah. Sebelum terlambat dan kita hanya menjadi penonton," tegasnya. 

Acara Road To ISEF 5th oleh KPwBI Jember tersebut diisi dengan berbagai kegiatan, seperti talkshow interaktif tentang ekonomi syariah, produk halal, serta bedah buku. Selain itu, di lokasi acara juga terdapat berbagai stan UMKM Jember yang menjadi mitra perbankan syariah. (*)

Pewarta : Moh. Ali Mahrus
Editor : A Yahya
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Jember TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jembertimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jembertimes.com | marketing[at]jembertimes.com
Top