Tangkal Pungli, Bupati Serahkan Sendiri SK Kenaikan Pangkat Ratusan Pegawai

Para ASN saat menerima SK kenaikan pangkat secara langsung dari bupati dan wabup Jember. (foto : Moh. Ali Makrus / Jatim TIMES)
Para ASN saat menerima SK kenaikan pangkat secara langsung dari bupati dan wabup Jember. (foto : Moh. Ali Makrus / Jatim TIMES)

JEMBERTIMESSebanyak 988 aparatur sipil negara (ASN) Pemkab Jember menerima SK (surat keputusan) kenaikan pengkat secara langsung dari Bupati Jember dr H Faida. Upacara penyerahan SK yang digelar di aula PB Sudirman pada Rabu (25/4/2018) dan dihadiri oleh Wakil Bupati Jember Drs KH Abdul Muqiet Arif.

Dalam penyerahan SK terebut, Bupati Faida menginstruksikan agar dalam tahun politik saat ini ASN bersikap netral dan tidak neka-neka dengan terlibat sebagai tim sukses calon. "Jadikan pilkada sebelumnya sebagai pelajaran. PNS (ASN) jangan terlibat sebagai timses calon maupun tim apa pun dalam pilkada. PNS harus bekerja sesuai tupoksinya sehingga bisa melayani masyarakat," tegas bupati di hadapan ASN Pemkab Jember.

Bupati bersama wakil bupati menyerahkan secara langsung SK dengan tujuan agar tidak ada pungli yang diterima PNS Pemkab Jember. Dari 1.026 PNS yang mengajukan kenaikan pangkat, hanya 998 yang SK-nya disetujui BKN (Badan Kepegawaian Nasional). Sedangkan 38 SK masih belum diterbitkan dengan berbagai permasalahan.

"Jarang sekali suatu acara dihadiri oleh bupati dan wabup. Namun hari ini kami sengaja datang untuk menyerahkan SK kenaikan pangkat secara langsung untuk memastikan agar tidak ada pungli. Jika ada yang dipungli, silakan laporkan ke kami. Kami akan mengganti tiga kali lipat," ujar bupati.

Faida menambahkan, kenaikan pangkat ASN adalah penghargaan yang diberikan bagi yang telah memenuhi syarat yang ditentukan tanpa terikat jabatan sepanjang tidak melampaui pangkat atasan. Ada juga kenaikan pangkat pilihan berdasar kepercayaan dan penghargaan yang diberikan kepada pegawai negeri sipil.

Sementara dari 38 SK yang belum diterbitkan BKN, bupati mengatakan bahwa 8 SK tertunda namun dipastikan akan segera terbit. Tetapi ada 30 yang memang belum bisa diterbitkan karena adanya persyaratan yang kurang.

"SK pengangkatan ini lebih baik dari tahun sebelumnya. Pada tahun 2017 ada 1.181 pengajuan dan disetujui BKN 1.105 atau sekitar 93 persen. Sedangkan tahun ini dari 1.026 yang mengajukan! disetujui 988 atau 96 persen. Sehingga kinerja dari PNS di Pemkab Jember sudah semakin baik," pungkas bupati (*)

Pewarta : Moh. Ali Makrus
Editor : Yunan Helmy
Publisher :
Sumber : Jember TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jembertimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jembertimes.com | marketing[at]jembertimes.com
Top